Apakah Refinancing Pinjaman Anda Masuk Akal?
Pinjaman

Apakah Refinancing Pinjaman Anda Masuk Akal?

Bagaimana Anda Dapat Membiayai Kembali Pinjaman Pribadi?

Membiayai kembali pinjaman pribadi adalah proses yang sederhana. Anda akan menemukan pemberi pinjaman yang menawarkan pinjaman pribadi baru dan Anda akan mengajukannya. Jika Anda disetujui, Anda akan menggunakan hasil dari pinjaman baru untuk melunasi pinjaman lama Anda.

Teknik ini berhasil karena Anda dapat menggunakan dana dari pinjaman pribadi untuk melakukan hampir semua hal yang Anda inginkan termasuk melunasi hutang yang ada. Anda hanya perlu memastikan bahwa pinjaman baru yang Anda ajukan akan memberi Anda cukup uang untuk membayar kembali utang yang ada yang Anda harapkan untuk dibiayai kembali.

Haruskah Anda Membiayai Kembali Pinjaman Pribadi?

Membiayai kembali pinjaman pribadi dapat menjadi ide yang baik jika Anda ingin mengubah persyaratan pinjaman yang ada, baik untuk menurunkan total biaya pembayaran atau mengurangi pembayaran bulanan Anda atau keduanya.

Lihat, Anda tidak dapat mengubah waktu pembayaran atau tingkat bunga Anda setelah Anda mengajukan pinjaman dengan pemberi pinjaman Anda saat ini dan menandatangani perjanjian pinjaman Anda. Tetapi Anda dapat mencari pinjaman baru yang mengenakan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan apa yang Anda bayar saat ini.

Menurunkan tingkat bunga Anda berarti Anda dapat menghemat uang dari bunga yang Anda berutang kepada kreditur Anda. Artinya, Anda sering dapat membuat pembayaran pinjaman lebih terjangkau baik setiap bulan maupun dari waktu ke waktu. Anda juga dapat mengubah waktu pembayaran pinjaman pribadi Anda yang ada dengan melakukan refinancing. Misalnya, jika Anda memiliki sisa tiga tahun pada pinjaman Anda saat ini, Anda dapat memilih pinjaman pribadi baru dengan jangka waktu pembayaran dua tahun atau jangka waktu lima tahun atau 10 tahun atau periode apa pun yang diizinkan oleh pemberi pinjaman baru Anda.

Baca Juga:  Perbedaan Antara HELOC dan Pinjaman Ekuitas Rumah?

Jangka waktu pembayaran pinjaman yang lebih lama akan secara signifikan mengurangi pembayaran bulanan Anda. Karena Anda akan melakukan lebih banyak pembayaran, masing-masing bisa lebih kecil dan Anda masih akan melunasi utang Anda.

Sayangnya, memperlama waktu pembayaran Anda dapat meningkatkan biaya total bahkan, dalam beberapa kasus, jika Anda mengurangi tarif Anda. Itu terjadi ketika Anda meregangkan waktu Anda harus membayar bunga. Namun, ini terkadang sepadan jika Anda membutuhkan ruang bernapas ekstra dalam anggaran Anda dan khawatir untuk dapat terus melakukan pembayaran bulanan Anda.

Jangka waktu pembayaran yang lebih pendek, di sisi lain, dapat menghasilkan pembayaran bulanan yang lebih tinggi daripada pinjaman Anda saat ini (atau pembayaran bulanan yang sama jika Anda telah menurunkan suku bunga Anda secara signifikan). Tapi itu bisa memotong total biaya jauh dari waktu ke waktu.

Untuk memutuskan apakah Anda harus membiayai kembali pinjaman pribadi Anda yang ada, berbelanjalah dengan beberapa pemberi pinjaman dan dapatkan penawaran untuk pinjaman yang berbeda dengan lembaga keuangan baru. Bandingkan tarif, pembayaran bulanan, waktu pembayaran, dan total biaya dari setiap opsi.