Memahami Probabilitas dan Investasi!
Investasi

Memahami Probabilitas dan Investasi!

Jika saya ingin menjadi baik sebagai investor, maka saya harus pandai berhitung untuk menganalisis peluang investasi. Selain itu, saya juga harus bisa membaca dan menulis. Di situlah pendidikan skolastik memainkan peran penting. Pendidikan skolastik mengajari saya membaca, menulis, dan berhitung. Ini adalah salah satu dari tiga pendidikan penting seperti yang disoroti oleh seri Ayah Kaya oleh Robert Kiyosaki. Dua pendidikan penting lainnya adalah pendidikan profesional dan pendidikan keuangan.

Bagaimana aritmatika berperan dalam investasi? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya perlu menjelaskan sedikit tentang probabilitas menggunakan contoh koin.

Apa yang terjadi ketika saya melempar koin dan membiarkannya mendarat di atas meja? Jelas bahwa koin itu akan menunjukkan kepala atau ekor. Bagaimana jika saya melempar 2 kali, berapa peluang koin muncul?

Saya tidak bisa memastikan apa peluangnya. Saya mungkin mendapatkan 2 kepala berturut-turut. Saya bisa mendapatkan 1 kepala dan 1 ekor. Saya bisa mendapatkan 2 ekor.

Bagaimana jika saya melempar 100 kali? Berapa kali koin menunjukkan kepala? Saya akan menemukan bahwa jumlahnya akan mendekati 50. Dengan kata lain, saya akan menemukan bahwa ada peluang 50 persen untuk mendapatkan kepala jika jumlah lemparannya cukup besar. Probabilitas mendapatkan kepala adalah peluang koin menunjukkan kepala dari sejumlah besar lemparan. Itu adalah probabilitas mendapatkan kepala adalah 0,5.

Demikian pula, jika saya telah melempar dadu bersisi enam, peluang mendapatkan enam dalam 100 lemparan adalah sekitar 1/6. Tapi saya bisa melakukan sesuatu untuk meningkatkan peluang saya mendapatkan enam. Saya dapat menggunakan dadu enam sisi yang dimodifikasi yang memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menampilkan angka enam dibandingkan dengan dadu enam sisi biasa. Dengan cara ini, kemungkinan mendapatkan enam meningkat.

Baca Juga:  Manfaatkan Investasi dalam Real Estate yang Berkembang

Dan inilah yang dilakukan investor profesional untuk menghasilkan uang dari investasi. Dia meningkatkan kemungkinan menang dengan mengidentifikasi dan mengelola risiko yang terlibat. Dia tidak berinvestasi demi investasi. Dia memiliki rencana untuk investasi yang mencakup manajemen risiko. Ya, investasi adalah rencana berdasarkan apa yang Casino88 pahami dari serial Rich Dad karya Robert Kiyosaki.

Contoh yang baik adalah melihat bagaimana seorang trader profesional memanfaatkan probabilitas untuk keuntungannya.

Di pasar saham, harga saham bisa naik, turun atau tetap sama. Artinya peluang harga saham naik adalah 1/3. Ingat, probabilitas hanya berlaku jika ada cukup banyak perdagangan. Seperti dalam kasus pelemparan koin, probabilitas 0,5 benar hanya jika ada banyak lemparan.

Bayangkan saya memiliki modal awal $10.000 untuk diinvestasikan dalam saham. Jika saya menginvestasikan $10.000 dalam satu perdagangan, berapa probabilitas harga saham naik? Tidak ada cara untuk memprediksi atau memberi tahu. Ini seperti melempar koin sekali dan mencoba menebak apakah itu akan menunjukkan kepala atau ekor saat mendarat.

Jika saya menginvestasikan $100 dalam setiap perdagangan, maka saya dapat melakukan setidaknya 100 perdagangan. Itu adalah berapa kali harga saham akan naik dalam 100 perdagangan mendekati 33. Ini seperti melempar koin seratus kali dan berapa kali saya akan mendapatkan kepala dalam 100 lemparan mendekati 50.

Seorang trader profesional memahami fakta bahwa probabilitas hanya benar jika ada cukup banyak perdagangan. Dengan demikian, ia hanya mempertaruhkan sejumlah kecil modal ini dalam setiap perdagangan.

Baca Juga:  Membiayai Properti Investasi Real Estate Anda

Cara lain untuk menerapkan probabilitas ini adalah dengan membatasi kerugian setiap perdagangan hingga $100. Artinya, saya dapat menginvestasikan semua modal saya dalam saham satu perusahaan. Jika harga saham turun dan kerugian saya mencapai $100, saya akan menjual posisi saya dan keluar dari pasar saham. Tentu saja jika harga saham turun terlalu tiba-tiba, saya pada akhirnya akan kehilangan lebih banyak uang daripada yang bersedia saya rugikan. Jadi, pendekatan ini tidak begitu dianjurkan.

Selain itu, trader profesional memanfaatkan analisis teknis untuk meningkatkan peluang menang. Dia menganalisis grafik untuk indikasi beli dan jual. Juga, ia menggunakan beberapa teknik lain untuk meningkatkan peluangnya untuk menang. Semua ini dimasukkan sebagai bagian dari rencana investasinya.

Uraian di atas berdasarkan pemahaman saya dengan membaca sebuah buku. Saya telah mengumpulkan dari seri Rich Dad oleh Robert Kiyosaki bahwa rencana investasi berbeda untuk setiap individu. Jika saya membaca lebih banyak buku, saya pasti akan menemukan lebih banyak pendekatan dan metode untuk berdagang. Trader profesional yang berbeda memiliki rencana investasi yang berbeda dan dengan demikian mereka akan melakukan hal yang berbeda.